Rabu, 20 Desember 2023

SATE KHAS MADURA

 


Indonesia banyak sekali ragam kuliner sate  salah satunya “Sate Madura”. Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging dan ditusuk menggunakan batang kelapa atau tulang daun bambu yang dibakar dengan arang serta disajikan dengan berbagai macam bumbu salah satunya bumbu kacang yang terdapat pada sate Madura. Sate Madura umumnya terbuat dari irisan daging ayam disajikan dengan bumbu kacang. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di sseluruh Nusantara.

Siapa yang tidak suka Sate Madura. Sate terdiri dari daging atau daging ayam atau ayam, dipanggang diatas bara panas, kemudian disiram dengan saus kacang yang manis dan harum.Sate Madura sudah terkenal seantero Nusantara. Bahkan kuliner khas Jawa Timur (Jawa Timur), banyak terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia. Ternyata banyak sekali cerita tentang asal muasal negara Madura. Baik dari abad ke-19 hingga kerajaan Jawa Timur.

Kisah Sate Madura dimulai dengan Arya Panoleh, penguasa Sumenep Jawa Timur, mengunjungi rumah saudaranya, Batara Katong, yang berkuasa di Ponorogo. Sesampainya di rumah kakaknya, Arya Panoleh disuguhi makanan berbahan dasar daging dan bumbu. Arya Panoleh menolak karena tidak pernah menyukai makanan tersebut. Akhirnya Arya Panoleh ingin makan Sate Madura, setelah kakaknya mengatakan bahwa menu itu biasa disantap oleh para pendekar Ponorogo. Pakaian Arya Panoleh pada saat itu, khususnya pakaian warok, semuanya kemeja hitam dan garis-garis juga khas Madura. Awalnya, sate lidi hanya ditemukan di Sumenep, sebelum menyebar ke daratan pulau Madura.

Sate sangat lekat dengan masyarakat Madura. Menurut Kadarisman Sastrodiwirjo, pensiunan peneliti Badan Litbang Provinsi Jawa Timur, piring sate madura memiliki filosofi. Katanya sate madura artinya penyatuan semua elemen. Dia mengatakan tanah di Madura sangat gersang, sehingga sulit untuk menanam sayuran. Sedangkan orang lebih suka makan sapi dan ikan laut. Inilah asal mula sate madura. Seakan tak terpisahkan, masyarakat Madura selalu menganggap sate sebagai hidangan utama mereka dimanapun mereka berada.

·         -- Ciri khas gerobak sate Madura yang berbentuk kapal

Ada beberapa versi dari penggunaan gerobak berbentuk kapal ini. Alasan pertama adalah kesan dari banyak orang saat mendengar kata Madura. Namanya pulau, pasti ada lautan. Hal ini juga berlaku bagi Madura yang dikelilingi lautan. Nah, pedagang sate dari Madura memilih perahu karena menganggapnya bisa mewakili identitas Madura.

Selanjutnya, orang Madura percaya bahwa nenek moyang mereka adalah pelaut yang juga pembuat perahu handal. Bentuk perahu ini juga mereka terapkan pada gerobak sate. Versi lain dari penggunaan gerobak kapal ini menjadi ciri yang membedakan penjual sate di Madura dengan sate di daerah lain. Tidak hanya menunjukkan bahwa sate madura memiliki cita rasa tersendiri, namun bentuk kapal tunda juga dapat mempererat solidaritas komunitas pedagang sate madura perantauan



Menariknya, para pedagang sate di Madura mengatakan bahwa satai yang dijual di Madura rasanya berbeda dengan sate Madura yang dijual di daerah lain. Misalnya, penjual sate Madura di sekitar Surakarta atau Yogyakarta cenderung menjual dengan rasa yang lebih manis. Padahal, sate madura asli tidak terlalu manis dan cenderung memiliki rasa asin yang lebih kuat karena kota Madura terkenal dengan makananya yang condong lebih asin dan gurih. Pedagang ini menyesuaikan dengan selera orang yang mereka jual.

Selain itu, di banyak tempat penjual sate Madura menggunakan ayam, di Madura sate kebanyakan dijual dari daging sapi, hewan yang juga sering dianggap erat kaitannya dengan budaya karapan di Madura.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SATE KHAS MADURA

  Indonesia banyak sekali ragam kuliner sate   salah satunya “Sate Madura”. Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging dan ditusu...